11 Faktor Penyebab Gejala Rambut Rontok

Tips kecantikan rambut – Pentingnya memiliki rambut yang indah sehat dan lebat adalah hal yang mungkin sangat kita idamkan, karena rambut adalah salah satu dari bagian tubuh kita yang dapat untuk menunjang penampilan agar lebih menarik dan bisa tampil gaya. Namun jika anda mengalami beberapa masalah pada kesehatan rambut anda seperti rontok, hal tersebut pasti akan mengganggu anda dan masalah tersebut harus segera diatasi dengan cara mengatasi dan merawat rambut rontok. Untuk penyebab rambut rontok bisa di sebabkan oleh bermacam macam gejala. Rambut rontok bisa dikatakan normal apabila kerontokan dalam jumlah yang sedikit.

Masalah yang terjadi pada rambut rontok hampir semua orang pernah mengalaminya dan hal tersebut terjadi pada semua umur, mulai dari anak anak hingga orang dewasa. Menurut beberapa sumber yang dirilis oleh tips kecantikan penyebab rambut rontok yakni dikarenakan adanya gen yang menyebabkan sebuah kegagalan pada produksi dan perkembangan sel sel pada rambut. Keroktokan rambut yang terjadi bisa membuat seseorang menjadi kurangnya rasa percaya diri terutama pada kaum wanita. Agar hal tersebut tidak semakin parah alangkah baiknya jika anda mengetahui lebih dahulu gejala yang menimbulkan terjadinya rambut rontok.

11 Faktor Penyebab Gejala Rambut Rontok


Faktor Penyebab Gejala Rambut Rontok


Berikut ini beberapa faktor penyebab gejala rambut rontok yang sering di alami oleh orang orang, antara lain :

1. Terjadinya gangguan hormon
Terjadinya rambut rontok bisa disebabkan oleh gangguan hormone, antara lain hormon dihydro testosterone, hormone alopesia androgenetik dan hormone alopesia areata. Untuk kerontokan rambut yang disebabkan oleh hormone alopesia androgenetik sering terjadi dan di alami oleh orang, 40 % wanita dan 70% oleh pria. Sedangkan hormone dihydro testosterone disebabkan oleh keturunan dan hormonj alopesia areata dikarenakan oleh penyakit autonum sehingga menimbulkan rambut pitak. Biasaya terjadi pada anak anak dan tidak permanen, bisa tumbuh kembali.

2. Pengaruh gizi dan vitamin
Terjadinya rambut rontok juga bisa disebabkan oleh pengaruh gizi dan vitamin. Jika kita kekurangan asupan gizi dan vitamin bisa menyebabkan rambut kita menjadi rontok. Oleh sebab itu perhatikan asupan gizi dan vitamin yang kita konsumsi sehari hari agar rambut rontok tidak menghampiri kita . jika kita kekurangan gizi dan vitamin maka rambut kita akan tumbuh menipis dan rambut akan mudah rapuh.

3. Penggunaan bahan kimia
Salah satu yang menimbulkan rambut rontok adalah perawatan rabut yang berlebihan dengan menggunakan bahan kimia. Contoh seperti pewarnaan rambut, rebounding, hal tersebut akan membuat rambut kita menjadi rusak dan dapat menyebabkan kerontokan rambut hingga parah jika tidak di hentikan.

4. Alat Penata Rambut
Agar penampilan selalu terlihat cantik biasanya kaum wanita pergi kesalon ia berjam jam untuk perawatan rambut. Jika anda tahu menggunakan alat catok dan pengeritingan rambut hal tersebut dapat berdampak buruk bagi kesehatan rambut, bisa membuat rambut kering dan mudah sekali patah serta rambut bisa bercabang. Jika terlalu lama maka dapat berbahaya bagi rambut hingga menimbulkan kerontokan pada rambut.

5. Efek samping obat
Rabut rontok bisa terjadi dikarenakan efek samping mengkonsumsi obat obatan. Diantaranya yaitu obat untuk menangani depresi, obat kontrasepsi, obat kemoterapi, obat pengencer darah. Jika anda selalu mengkonsumsi obat obatan dalam jangka lama dan terlalu sering maka akan berdampak bruk pada kesehatan rambut anda. alangkah baiknya jika anda menghentikan konsumsi obat obatan agar kerontokan pada rambut anda tidak terjadi.

6. Jarang keramas
Rambut rontok juga terjadi jika seseorang jarang keramas, hal tersebut dapat menimbulkan rambut menjadi lembab dan berminyak sehingga ketika rambut anda terkena sinar matahari dan rambut bercampur dengan keringat maka akan membuat rambut anda menjadi lepek dan mudah rontok. Oleh sebab itu berkeramas sangat penting untuk menjaga rambut supaya tidak rontok.

7. Terlalu kencang mengikat rambut
Terkadang bagi kaum wanita mengikat rambut adalah kesbiasaan setiap hari agar penampilan mereka semakin indah. Namun anda harus mengerti jika mengikat rambut yang berlebih dapat mengakibatkan rambut menjadi rusak dan rontok. Nah kalau mengikat rambut sebaiknya anda lakukan jangan terlalu kencang dan berlebihan agar rambut anda tetap sehat.

8. Faktor penyakit
Rambut rontok juga disebabkan oleh faktor prnyakit, antara lain lupus dan diabetes. Dari kedua jenis penyakit tersebut dapat menyebabkan kerontokan rambut yang parah dan juga pengaruh kemoterapi yang bisa berdampak tidak baik untuk kulit kepala, wajah dan tubuh.

9. Faktor kehamilan
Ketika wanita saat mengalami kehamilan dan setelah melahirkan, mereka akan mengalami kerontokan pada rambut mereka. Hal tersebut terjadi karena penyebab alami dan rambut mereka akan tumbvuh pulih setelah tiga bulan setelah melahirkan.

10. Polusi dan sinar matahari
Radiasi matahari memiliki banyak seklai manfaat untuk kesehatan kita, namun jika anda terlalu lama dibawah sinar matahari maka hal tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan rambut anda hingga menimbulkan berkurangnya keratin rambut. Sehingga rambut anda menjadi kusan dan bisa menimbulkan kerontokan pada rambut serta hak tersebut juga ditimbulkan oleh polusi jahat.

11. Terjadinya infeksi
Infeksi yang terjaid pada kulit kepala bisa menimbulkan rambut menjadi rontok jika tidak segera diatasi. Olehs sebab itu anda harus memperhatikan hal yang terjadi pada kulit kepala ketika terjangkit infeksi agar rambut rontok tidak menghampiri anda.

Baca juga : 6 cara alami merawat rambut agar tetap sehat

Nah itu tadi 11 faktor penyebab gejala rambut rontok yang bisa anda pelajari. Sebelum rabut rontok menghampiri anda alangkah bainya jika anda melakukan pencegahan dengan cara menjaga rambut agar tetap sehat. Sekian dari artikel ini dan semoga memberi manfaat untuk anda semua.

Related Posts: